Jumat, 13 Juni 2014

Muda berkarya

       Indonesia merupakan negara yang besar menurut luas daerah dan banyak penduduknya. Luas daerah itu kenapa tidak mensejahterakan penduduknya. Misal kategori penduduk sejahtera adalah yang mempunyai kekayaan di atas seratus juta, rumah terbuat dari dinding bata dengan ukuran 10 m x 20 m, dan berpenghasilan tetap. Banyak yang mempunyai rumah tapi sempit atau rumahnya terbuat dari kayu, bambu. Penghasilan pendudukpun tak menentu dan tidak mencukupi.
       Digunakan untuk apa daerah yang luas itu. Mungkinkah hanya dimiliki sebagian kecil orang saja. Atau daerah itu tidak dimanfaatkan untuk kesejahteraan penduduk.
       Penduduk yang banyak, tentu banyak tenaga yang bisa di gunakan untuk membangun dan mensejahterakan dirinya. Apakah sudah diajak untuk membangun atau mereka harus mempunyai berusaha berdiri sendiri. Tidakkah pernah mereka dengar cerita aapu lidi yang diikat lebih mudah dan cepat membersihkan kotoran dedaunan. Jika penduduk bekerjasama untuk membangu maka itu akan lebih mudah dan cepat.
       Janganlah bodohi mereka, ajaklah bersama-sama untuk membangun indonesia. Mereka yang mempunyai keahlian di bidang industri dukunglah dengan cara mempermudah perizinan, buatlah peraturan untuk melindungi karyawannya, buatlah sinergi dan kepercayaan antara pengusaha. Jangan karena mencari keuntungan sesaat yang dapat merugikan masa depan.
       Mereka yang menjadi petani, dukunglah dengan memberi penyuluhan cara bertanam, pupuk yang tersedia terus menerus, keutuhan antar petani. Janganlah petani di permainkan dengan kelangkaan pupuk dan kenaikan harganya. Atau mempermainkan harga panenya sehingga petani rugi. Mereka adalah saudara sebangsa. Jangan demi untung sesaat mereka terus rugi. Ikut berbahagialah jika banyak penduduk indonesia yang sejahtera.
        Untuk mendukung usaha penduduk indonesia, buatlah sarana yang dapat meningkatkan usaha mereka. Jalan yang dapat dilalui kendaraan dan transportasi umum yang memadai untuk digunakan.
Jalan yang harus menjangkau seluruh daerah indinesia sampai pelosok. Transportasi umum yang nyaman dan tersedia tiap waktu.
       Marilah bangkit muda indonesia. Bangun indonesia dari sekarang. Untuk sejahtera bagi diri kitadan anak keturunan kita. Bahagialah jika bersana sejahtera. Jangan mengorbankan mereka untuk kepentingan sesaat yang merugikan dengan berbuat curang. Korupsi, menghambat kreatifitas, malas, atau membidohi dan menekploitasi sumber alam dan manusia indonesia. Sekalu lagi muda berkarya untuk kesejahteraan indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar